Senin, 14 Mei 2012

k3 komputer

*         komPengertian K3
Ø  Kesehatan Dan Keselamatan Kerja
Ø  Orang yang bekerja didepan komputer harus memperhatikan faktor K3
Ø  Gangguan kesehatan jika terlalu lama didepan komputer : Sakit pada tangan, Pinggang, Lengan, Pundak , Punggung dan Leher
Ø  Pengaturan Listrik dan Kabel
Ø  Sikap duduk, cahaya, meja, komputer, dan lingkungan sekitar
*         Aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat TIK.
1.      Pastikan tempat kerja komputer dirancang secara ergonomis.
2.      Kurangi penggunaan komputer yang berlebihan.
3.      Gunakan variasi perangkat input.
4.      Ambil beberapa waktu istirahat sejenak.
5.      Jangan mengetik lebih dari 30 menit tanpa istirahat.
6.      Seringkali lakukan peregangan. Peregangan membantu mengurangi ketegangan otot-otot.
7.      Kurangi kecepatan melakukan double klik
8.      Jaga kehangatan suhu. Otot dan urat yang berada pada kondisi dingin lebih beresiko terkena RSI.



*         Mengatur Posisi Tubuh
1.      Posisi kepala dan leher
2.      Posisi Punggung
3.      Posisi pundak
4.      Posisi Lengan dan Siku
5.      Posisi Tangan
6.      Posisi Kaki

*        Posisi Duduk
ý  Posisi duduk dapat menyebabkan sakitnya seluruh badan dan punggung karena posisi duduk adalah hal yang terpenting.
þ  Tempat duduk kiranya seperti:
1.Posisi duduk dengan jarak 46 – 47 cm atau 0,15 derajat dari layar monitor
2.Kursi dapat di atur tinggi rendahnya
3.Kursi dapat di putar atau dapat bergeser

*        Posisi Mata
ý  Mata merupakan indera yang bekerja paling keras saat anda menggunakan komputer. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan mata anda sehingga keluhan mata, seperti iritasi mata atau kelelahan mata dapat dihindari.
þ  Posisi mata yang baik kiranya seperti:
1.      Posisi mata pada layar harus lurus
2.      Posisi mata tidak terlalu tinggi/rendah
3.      Layar yang digunakan sebaiknya layar yang low radiasi
4.      Jangan menggunakan efek warna yang terlalu terang


*        Posisi Kepala dan Leher
ý  Posisi yang salah pada kepala dan leher akan menyebakan penyakit sakit kepala dan nyeri atau dan kram.
þ  Pada posisi saat bekerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung kelayar monitor, leher tidak boleh membungkuk atau menengadah karena dapat menyebabkan sakit pada leher.

*        Posisi Punggung
ý  Posisi yang salah pada punggung akan menyebabkan punngung mudah lelah san sakit pada punggung.
þ  Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi pungung tegak, tidak miring kekiri atau kekanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang, untuk mendapatkan posisi punggung yang baik seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman.

*        Posisi Pundak
ý  Posisi yang salah pada pundak akan menyebabkan nyeri, pegal dan dapat menyebabkan pundak mudah lelah.
þ  Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak boleh kebawah, bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.

*        Posisi Lengan dan Siku
ý  Posisi Lengan dan Siku yang salah akan menimbulkan lengan terasa pegal dan jika terlalu lama akan menimbulkan rasa sakit,
þ  Posisi lengan yang baik adalah apabila dapat mengetik dan menggukanak mouse yang nyaman. Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.


*        Posisi Tangan
ý  Posisi tangan di keyboard adalah salah satu penyebab lelah dan lambatnya tangan untuk digunakan mengetik.
þ  Hindari menekan telapak tangan dan pergelangan tangan pada  sisi yang tanjam saat sedang bekerja, letakkan barang yang sering digunakan di area yang mudah menjangkaunya.
þ  Letakkan barang yang sering digunakan di area yang mudah Anda menjangkaunya, Jangan membuat barang-barang tersebut menyebabkan masalah postur yang dapat mengakibatkan kelelahan.

*        Posisi Kaki
ý  Posisi kaki yang salah (menggantung) akan menyebabkan aliran darah pada kaki tidak lancar dan akibatnya akan nenimbulkan kesemutan.
þ  Pada saat bekerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakkan dilantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

Jika telak menggunakan K3 dalam penggunaan computer dan masih saja sering kelelahan, meta rabun, sakit punggung, sakit maka dianjurkan melakukan hal berikut:
1.      Senam relaksi (Latihan peregangan).
a.       Mekarkan jari – jari dan tahan selama 10 detik lalu tekuk jari ke buku jari, tapi jangan mengepalkan tangan lalu dilepas.
b.      Rentangkan siku ke atas kepala, lengah bawah berjuntai kebelakang kepala.
c.       Genggam tangan dibelakang kepala dan duduk tegak.
d.      Duduk tegak dikursi, genggam tangan dibelakang sandaran kursi, lalu regangkan lengah sebisa mungkin.
e.       Tundukkan kepala kearah telinga lalu perlahan tarik.
f.        Gerakkan bahu kedepan, belakang, turun dan naik serta berputar.



2.      Cara-cara untuk menghilangkan rasa pegal yaitu dengan
a.       Kita bisa menggunakan komputer terus-menerus dengan mendengar lagu-lagu yang bisa menghilangkan rasa pegal kita.
b.      Jika belum bisa meghilangkan rasa pegal kita itu, ini cara yang lebih cepat yaitu kita bisa mencari refresing seperti kita bermain permainan yang ada di komputer anda tersebut. Bila di komputer anda tidak ada permainan yang lebih menarik kita bisa mengekspresikan rasa pegal kita dengan mencoba progam-progam yang ada di komputer anda.

*         Mengatur Posisi Komputer
1.      CPU (Central Processing Unit)
2.      Monitor
3.      Kabel Komputer
4.      Keyboard

*        Central Processing Unit
þ  Pasanglah/taruhlah CPU pada tempat yang sesuai misalnya di lantai atau disebelah monitor serta tidak memberi resiko sengatan listrik akibat penempatan CPU tersebut.
*        Monitor
þ  Pasanglah/taruhlah monitor pada tempat yang sesuai agar tidak beresiko jatuh dan lain sebagainya.
*        Kabel Komputer
þ  Aturlah kabel komputer secara teratur (dijadikan satu), hal ini dianjurkan untuk kerapian, dan agar enak untuk dilihat.
*        Keyboard
þ  Tempatkan keyboard agar nyaman dibuat untuk mengetik, keyboard adalah komponen penting agar tidak menimbulkan resiko sakit pada tangan, lengan dan siku.
*         Keselamatan Dan Kenyamanan Duduk Di Depan Komputer.

1.      Aturlah posisi tubuh saat berkerja dengan komputer sehingga merasa aman.
2.      Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
3.      Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena terlalu asyik berkerja dengan komputer.
4.      Sebaiknya penglihatan kemonitor minimal sejajar atau sedikit dibawah garis penglihatan mata (eyes level).
5.      Tidak boleh ada silau (glare) pada layar monitor, sebisa mungkin gunakan filter anti glare.
6.      Jarak tempat duduk adalah satu lengan dari monitor.
7.      Aturlah tinggi  tempat duduk sehingga paha anda pararel dengan lantai sehingga sirkulasi darah lancar.
8.      Apabila anda sedang menyalin dokumen, letakkan dokumen didepan anda, beri penerangan yang cukup pada dokumen anda.
9.      Dalam menggunakan keyboard dan mouse jaga lengan bawah anda pararel dengan lantai dan sudut siku pada 90° atau 110° untuk sirkulasi darah yang baik dan tidak ada ketegangan pada otot.
10.  Jaga penglihatan anda tetap lurus. Relaksasikan bahu anda  karena kita mempunyai kecenderungan untuk menaikkan bahu kita selagi bekerja yang menyebabkan ketegangan otot yang berujung pada sakit kepala.
11.  Lengan dan siku relaks dekat dengan siku.
12.  Monitor dan keyboard berada didepan anda.
13.  Usahakan CPU tidak menghalangi keleluasaan kaki anda.
14.  Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran.
15.  Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata, beristirahat sejenak untuk mengurangi kelelahan dengan aturan 20/20/20 (setelah 20 menit gunakan 20 detik untuk melihat jarak 20 kaki). Sering-seringlah mengubah postur, bangkit dan bergeraklah, selangi pekerjaan harian anda sehingga anda tidak duduk dalam waktu lama.


*         Daftar Pustaka:

ü  Youtube : K3 Komputer
ü  Google:
-         K3 dalam TIK « bersama berbagi ilmu & pengalaman
-         Kesehatan dan Keselamatan Kerja ( K3 ) dalam Penggunaan Komputer « Choeyyati’s Weblog
-         KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA K3 DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER    Keseha
-         Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 dengan Komputer   Artikel K3
-         Keselamatan Kerja Komputer (K3) ~ === Cyber_dp ===
-         Manfaat K3 Menggunakan Komputer   Artikel K3
-         pak Kirdi Moker  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Komputer - Ringkasan Materi
-         Pengertian Komputer dan K3 - Belajar Berbagi Pengetahuan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar